728x90 AdSayapIklanGaruda

pasang
  • Garuda kita

    Jumat, 04 Januari 2013

    " 3 Tahun Wafatnya Gus Dur"

    Memperingati Haul KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ke-3. Pada hari Kamis 3 Januari 2013, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat Universitas Islam Malang (UNISMA), menggelar acara Sehari Bersama Sahabat Gus Dur “Meneladani Pluralisme Gus Dur : Upaya Mengukuhkan Nasionalisme Bangsa Yang Luntur.” Dengan Mengahdirkan tiga pembicara : KH. D Zawawi Imron, Romo Antonius Benny Susetyo, dan Aan Anshori.

    Sebagai pembicara pertama Romo Benny menyampaikan bahwa Gus Dur menjadi sosok yang berani dan aktif mengkritisi Pemerintah pada Zaman Orde Baru, tepatnya ketika Suharto menjadi Presiden Republik Indonesia. Keberanian Gus Dur ditunjukkan dengan membela kelompok-kelompok minoritas, dengan tidak membeda-bedakan suku, agama, ras dan antar golongan. Menegakkan dan menjalankan konstitusi  karena Gus Dur itu yakin dengan apa yang dipahami dan dilakukannya. Pemikiran Gus Dur telah mengejawantahkan Binneka Tuggal Ika di Negeri ini.

    Selanjutnya Aan Anshori (GerDu Jatim) dalam kesempatannya menjadi pembicara pada forum lebih banyak memperkenalkan tentang Sembilan (9) Nilai Dasar Gus Dur yakni tentang Ketauhidan, Kemanusiaan, Keadilan, Kesetaraan, Pembebasan,  kesederhanaan, persaudaraan, kesatriaan, dan kearifan lokal. Dengan tantangannya hari ini adalah bagaimana kita memahami sekaligus meneladani nilai-nilai dasar Gus Dur tersebut.

    Dan yang menarik adalah hadirnya budayawan asal Madura, KH. D Zawawi Imron yang menyampaikan bahwa “siapa yang cinta Gus Dur harusnya bisa mengambil api (semangat), bukan abunya (hanya memberhalakan Gus Dur) ”. KH. Zawawi Imron juga banyak membacakan sajak-sajak puisinya yang sangat menyentuh qalbu dan menggetarkan para hadirin. Dan tentang Interpretasi Pluralisme Gus Dur menurut beliau adalah “Lakum Dinukum Waliyadin”   
                       
    (@anas_ahimsa)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Monggo Komentar Disini

    Item Reviewed: " 3 Tahun Wafatnya Gus Dur" Rating: 5 Reviewed By: GUSDURian Malang
    Scroll to Top