728x90 AdSayapIklanGaruda

pasang
  • Garuda kita

    Rabu, 16 Januari 2013

    “Gus Dur dan Kebudayaan”

    Lantunan musik An-nasih mengawali agenda kajian dan apresiasi seni yang di gelar oleh Gerakan Gusdurian Muda (GARUDA) ini, dan disambung secara spontanitas pembacaan puisi “Ode Buat Gus Dur” karya sastrawan dan budayawan kondang asal pulau garam Madura, D. Zawawi Imron.

    Acara bertemakan ”Gus Dur dan Kebudayaan” yang digelar Senin malam di kampus Universitas Negeri (UM) ini dihadiri Sekitar 50 orang dari berbagai elemen mahasiswa malang, para pecinta dan pengagum Gus Dur, bersama H. Moh. Berlian Al-hamid (Bang Ber) sebagai pemateri kajian.

    Dalam sesi kajian Bang Ber menyoroti tentang budaya konsumeris melalui iklan di televisi (budaya pop korea)dewasa ini yang telah menggerus sekaligus menjadi ancaman bagi pemikiran generasi muda dan bangsa indonesia hari ini.

    Gus Dur yang pernah menjadi ketua Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) pada tahun 1983 menurut Bang Ber yang juga bisa dikatakan sedikit kontroversial karena berlawanan dengan pemikiran para kiai-kian khos pada waktu itu, justru disini bisa dilihat bahwa sosok Gus Dur adalah seorang yang cinta akan pengembangan seni dan budaya di indonesia, meskipun dalam skala ini juga kita sebagai penggiat Gusdurian tidak bisa menafsirkan bahwa Gus Dur adalah tokoh atau simbol pejuang kebudayaan di negeri ini. Sebagai pembicara pada kajian ini Bang Ber di akhir sesi menyampaikan pesan mengutip dari perjuangan Gus Dur yang cukup mendalam untuk kita teladani adalah “Melawan Rasa takut”.

    Syi’ir Tanpo Wathon dan Doa abu Nawas (Al-i'tiraf ) dilantunkan secara ber-jamaah dengan khidmat semua yang hadir pada acara ini, di akhiri penampilan teater musik An-Nasih dan pembacaan puisi karya sahabat Moh.Afief hasan “Aku Masih Tertidur”.

    Sekian
    Wallahu a’lam wa gusdur bish shawab

    (@anas_ahimsa)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Monggo Komentar Disini

    Item Reviewed: “Gus Dur dan Kebudayaan” Rating: 5 Reviewed By: GUSDURian Malang
    Scroll to Top