728x90 AdSayapIklanGaruda

pasang
  • Garuda kita

    Selasa, 03 Desember 2013

    Agenda Kajian >> Bedah Buku "Dialog Peradaban Untuk Toleransi Dan Perdamaian"

    Mengundang Dulur-dulur dalam Kajian Rutin GARUDA MALANG >> Bedah Buku "Dialog Peradaban Untuk Toleransi Dan Perdamaian" | Oleh DR. mohammad Mahpur | 4 Des 2013 | 19.30 | V Coffe lantai 2

    Sekedar Mendahului,....

    Sebagai pembaca saya terheran-heran ketika mereka membicarakan mengenai bunga dan kembang yang tumbuh di Jepang dan Indonesa. Dari bunga mereka bicara filosofi di baliknya. Kata Daisaku, "Indonesia memiliki banyak jenis bunga seperti kembang sepatu, bougenvil, katleya, wijayakusuma dan raflesia".  Gus Dur menimpali, "Di Indonesia bunga flamboyan adalah bunga yang dijadikan sebagai tanda akan menjelang masuknya musim hujan. Saat flamboyan berwarna merah berkembang adalah puncak hari-hari paling yang panas. Saat bunganya berguguran dan tersisa daun-daun berarti mulai masuk musim hujan. Kalau di Jepang, saat bunga sakura berkembang menandakan akan datangnya musim semi, bukan?"
    Ikeda menimpali lagi. "Bunga Sakura adalah bunga kenegeraan Jepang. Bunga kenegaraan Indonesia adalah bunga melati, bukan?" Kepada Ikeda, Gus Dur juga menceritakan sejak kecil ia amat menyukai bunga melati. Seperti sering ia dengar, bunga itu bunganya para wali.
    Setelah bicara bunga, keduanya lantas bicara musik. Ternyata keduanya punya kesamaan hobi: sama-sama menyukai karya Beethoven Simfoni No. 9 yang dianggap mencerminkan kehidupan penciptanya yang penuh perubahan dan perjuangan keras..........(www.wahidinstitute.org)
    Buku setebal 310 halaman ini, akan membawa kesimpulan para pembaca bahwa kedua tokoh yang sedang berdialoq dalam buku  ini memiliki pemahaman dan wawasan yang amat luas. Tak hanya menyangkut kebudayaan Jepang-Indonesia, asal negara keduanya, tapi juga negara-negara di dunia. Di buku itu mereka membicarakan hal yang mungkin dianggap remeh temeh hingga perkara besar seperti wacana membangun peradaban dan perdamaian dunia.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Monggo Komentar Disini

    Item Reviewed: Agenda Kajian >> Bedah Buku "Dialog Peradaban Untuk Toleransi Dan Perdamaian" Rating: 5 Reviewed By: GUSDURian Malang
    Scroll to Top