728x90 AdSayapIklanGaruda

pasang
  • Garuda kita

    Selasa, 12 Agustus 2014

    “SEDEKAH BUMI DI KLENTENG ENG AN KIONG”


    Oleh : Erwanto 
    Minggu 10 agustus pagi disekitar alun-alun kota malang, lebih tepatnya  di klenteng  Eng An Kiong kota Malang. Kami Gusdurian Muda (GARUDA) Kota Malang mengikuti  ritual tahunan “SEDEKAH BUMI” bersama ratusan umat khonghucu.

    Menurut bunsu anton salah satu guru agama di klenteng tersebut, ritual ini merupakan ritual berdoa bagi seluruh umat Khonghucu, Buddha Mahayana, dan Tao  yang ditujukan kepada seluruh arwah keluarga. Sebagaimana ritual tahlil yang juga sering dilakukan oleh umat islam yang berlatarbelakang NU, dimana ritual tersebut juga mendoakan arwah, hanya saja kalau di NU  ritual tersebut dilakukan setiap satu minggu sekali. 

    Ritual ini dilakukan untuk mensinergikan antara “Yin Yang” lebih sederhananya antara yang baik dan yang jahat. Kita sebagai manusia tidak bisa hanya menjaga kebaikan saja, akan tetapi kejahatan itu juga tidak boleh kita hindari, jangan dijauhi. Seperti hubungan interaksi antara pohon dan manusia, manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Kita ketahui bahwa oksigen itu adalah senyawa kimia yang dibuang oleh tumbuhan dan tumbuhan membutuhkan karbondioksida untuk keberlanjutan hidupnya. Implementasi sinergitas “Yin Yang” dalam upacara ritual ini adalah adanya pembakaran patung setan sebagai lambing pengembalian setan kepada sang pencipta. tutur “bunsu anton”. 

    Selain itu dalam ritual ini juga dibagikan beras dan mie instan kepada masyarakat sekitar, ada sekitar 50 ton beras dan mie, dimana sembako tersebut berasal dari sumbangan para pemeluk Khonghucu di klenteng tersebut. Pembagian sembako ini diberikan kepada sekitar 6000 orang miskin di kota Malang, kalau tahun kemarin ada sekitar 11.000 orang tanpa kemudian dikhusukan bagi umat agama tertentu. Bunsu anton sangat senang karena orang miskin dikota malang mulai berkurang dan beliau juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota Malang, karena sudah menunjukkan adanya pengentasan kemiskinan. Selain itu terbesit harapan dari bunsu anton kepada kami Gusdurian Muda (GARUDA) Kota Malang dan organisasi agama lain untuk bersama-sama membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tanpa harus membeda-bedakan antara agama satu dengan agama yang lain.



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Monggo Komentar Disini

    Item Reviewed: “SEDEKAH BUMI DI KLENTENG ENG AN KIONG” Rating: 5 Reviewed By: GUSDURian Malang
    Scroll to Top