728x90 AdSayapIklanGaruda

pasang
  • Garuda kita

    Senin, 01 Desember 2014

    MEMAHAMI GUS DUR, MEMAHAMI INDONESIA

    Judul dari sedikit oretan ini, mengambil dari tulisan di desain ciamik kaos teman-teman Komunitas Gitu Saja Kok Repot. Ya..Jaringan GUSDURian yang notabane ber “operasi” di wilayah pasuruan dan sekitarnya ini. tanggal 29-30 November 2014 kemaren telah usai menggelar sebuah forum yang dinamai Kelas Pemikiran Gus Dur (KPG), salah satu kegiatan yang awalnya di inisiasi pengurus Sekretariat Nasional Jaringan Gusdurians (SekNas JGD) Indonesia.

    Kegiatan yang di ikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah di jatim ini khususnya, berlangsung selama dua hari..di dekat alun-alun kota bangil, tepatnya di kantor STAPA.

    Kelas Pemikiran GusDur (KPG) ini bisa dikata, merupakan pelatihan dengan format penjaringan para pemuda litas iman, pemikir, akitivis gerakan soial, dsb..untuk memahami, ya memahami pun meneladani pemikiran serta perjuangan Gus Dur dari berbagai sudut perspektif. Yang dalam kasat ketidak-munafikan pikiran kita, pemikiran-pemikiran Gus Dur itu masih relevan untuk ditransformasi dalam kehidupan riil di wajah multikultural NKRI ini. 

    Adanya jaringan Gusdurian Nasional, dengan sebuah kerangka kegiatan seperti Kelas Pemikiran Gus Dur (KPG), dll-nya ini, bukan dalam rangka secara instan meng-GUSDUR-kan Indonesia, dan meng-Indonesia-kan Gus Dur, hanya saja ini sebagai upaya memahami Gus Dur dalam aspek pemikiran-pemikiran nya yang nantinya bisa di gunakan sebagai manhaj gerakan untuk perubahan indonesia ke depan yang lebih.

    Memahami Gus Dur dengan berbagai pemikirannya yang universal tidak semudah secara gampang seperti kita menyuruput secangkir kopi hitam, itu pasti..apa yang di tulis oleh bapak Hairus Salim, selaku salah satu nara sumber pada catatan awalnya di modul Kelas Pemikiran Gus Dur  ini, beliau mengatakan bahwa:

    “Kesulitan pertama di dalam upaya membentangkan pemikiran-pemikiran Abudurrahman Wahid (selanjutnya Gus Dur, sesuai panggilan akrabnya) terletak pada luasnya spektrum yang menjadi minatnya selama ini. Gus Dur bukan seorang akademisi yang setia menghuni perguruan tinggi dan menumpahkan perhatiannya pada satu dua topi masalah saja. Ia adlah seorang cendekianwan-aktivis, dan boleh dikata juga, seorang ensiklopedis, dengan perhatian luas dan beragam, yang membentang mulai topik agama, filsafat, dan ilmu pengetahuan hingga soal-soal praktis seperti sepak bola dan film.”

    ***

    Jika melihat para peserta yang terlibat “aktif” di forum Kelas Pemikiran Gus Dur (KPG), dan berangkat dari latar belakang individu, komunitas dan daerah yang berbeda..baik yang merasa baru dalam forum ini sedikit kenal dengan Gus Dur, ataupun sudah jauh-jauh hari sebelumnya..

    Menjadi harapan bagi para penggerak di Komunitas Gitu Saja Kok Repot Pasuruan (sebagai salah satu pelaksana KPG) secara khusus, serta komunitas jaringan GUSDURian di berbagai penjuru daerah, akan munculnya embrio-embrio baru, sosok gusdurian-gusdurian muda yang kedepannya mau terlibat bersama dalam menyebarkan “virus” pemikiran sang maestro Gus Dur melalui gerakan, baik di masing-masing komunitas , ataupun secara individu.

    Semoga & Semoga...
    Tumbuh Subur..Tumbuh Subur...Tunas-tunas Gusdurians... 



    @Anas_Ahimsa
    (Pelayan di @GarudaMalang ,membantu nge-racik kopi di KPG @GusdurianPas) J


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Monggo Komentar Disini

    Item Reviewed: MEMAHAMI GUS DUR, MEMAHAMI INDONESIA Rating: 5 Reviewed By: GUSDURian Malang
    Scroll to Top