728x90 AdSayapIklanGaruda

pasang
  • Garuda kita

    Kamis, 23 Juli 2015

    PERNYATAAN JARINGAN GUSDURIAN INDONESIA TENTANG KEKERASAN DAN INTOLERANSI DI TOLIKARA, PAPUA

    Hari Idul Fitri 1436 H diwarnai dengan peristiwa yang menyedihkan. Sebuah masjid di Tolikara, Papua dibakar massa yang menentang pelaksanaan ibadah sholat Ied. Pada prinsipnya, di semua penjuru negeri ini, semua orang bebas dan berhak untuk menajalankan ibadah. Tidak ada orang atau kelompok yang boleh menghalangi dan melanggar hak orang untuk beribadah sesuai dengan ajaran agamanya. Hak beragama dan menjalankan ibadah tersebut adalah hak asasi yang termaktub di dalam konstitusi Republik Indonesia. Karena merupakan hak konstitusional warga, maka hak beribadah tidak terkait dengan persoalan jumlah, baik mayoritas atau minoritas mempunyai hak yang sama yang harus dilindungi. Mengingat pentingnya peristiwa tersebut dalam konteks kebersamaan sebagai bangsa, Jaringan Gusdurian menyatakan:


    1. Mengecam keras tindakan kekerasan yang dilakukan sekolompok orang yang menghalangi pelaksanaan sholat Ied di Tolikara, Papua.

    2. Menyayangkan kegagalan aparat dalam melindungi kekebasan beribadah dan mencegah terjadinya konflik sosial sebagaimana diamanatkan konstitusi dan Undang-Undang

    3. Meminta kepada aparat penegak hukum untuk segera menangkap dan mengadili pelaku. Tidak hanya itu, Polisi juga harus mengusut tuntas dan mengungkap dengan jelas motif serta pihak-pihak yang terlibat di balik peristiwa tersebut.

    4. Menghimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga  toleransi antar umat beragama dan menghindari provokasi dari pihak-pihak yang menginginkan perpecahan, kekacauan, kerusuhan, dan konflik horisontal yang akan merugikan masyarakat  Indonesia pada umumnya dan masyarakat Papua pada khususnya. 

    Jumat, 17 Juli 2015
    Jaringan Gusdurian Indonesia

    Alissa Wahid
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Monggo Komentar Disini

    Item Reviewed: PERNYATAAN JARINGAN GUSDURIAN INDONESIA TENTANG KEKERASAN DAN INTOLERANSI DI TOLIKARA, PAPUA Rating: 5 Reviewed By: GUSDURian Malang
    Scroll to Top