728x90 AdSayapIklanGaruda

pasang
  • Garuda kita

    Senin, 26 Oktober 2015

    Kreasi Kelas Pemikiran Gus Dur Malang

    Siapa yang tidak mengenal Abdurahman Wahid alias Gus Dur? Sebagai sosok negarawan dan tokoh pesantren mungkin sudah banyak yang mafhum. Namun dalam hal pemikiran tidak banyak yang mengetahui. Atas dasar itulah Gusdurian Muda Malang (Garuda) mengadakan Kelas Pemikiran Gusdur. Kegiatan yang dilaksanakan 2 hari (3-4/10/2015) ini dilaksanakan di Vihara Darma Mitra Kota Malang. Kegiatan yang diikuti oleh 20 orang ini akan membedah gagasan besar pemikiran Gus Dur. 

    Menurut Anas Ahimsa, kegiatan Kelas Pemikiran Gus Dur ini diisi oleh pemateri-pemateri yang memiliki fokus terhadap pemikiran Gus Dur, diantaranya adalah M Mahpur, Aan Anshori, Roy Murtadho dll. Adapun materi yang akan disampaikan mulai dari biografi Gus Dur hingga pemikiran Gus Dur tentang gerakan sosial.

    Pegiat Gusdurian Malang ini berharap Kegiatan ini bisa menyemai pemikiran Gus Dur di Malang. "Kegiatan KPG ini adalah awal dari proses generasi muda mengenal pemikiran Gus Dur", terang Anas. Pemuda berdarah Madura ini berharap kegiatan KPG ini tidak hanya selesai di forum. Namun Garuda Malang akan melakukan follow up dengan menggelar diskusi intensif terkait mozaik pemikiran Gus Dur.

    Sementara menurut M Mahpur selaku Steering Committee, KPG kali ini agak berbeda dengan KPG yang pernah dilakukan di kota lain. Metode yang digunakan tidak melulu ceramah yang hanya mengisi ruang koqnitif peserta. Namun lebih banyak menyentuh pada wilayah afektif.

    "KPG kali ini lebih menggunakan pendekatan menafsirkan Gus Dur menggunakan pengalaman peserta. Melalui pendekatan ini, KPG tidak hanya menekankan capaian kognitif, tetapi menginternalisasi nilai-nilai dan pemikiran Gus Dur kedalam penguatan sikap dan kecenderungan perubahan tindakan", jelas Mahpur.

    Dengan pendekatan ini, Mahpur berharap peserta bisa membongkar batas jarak antara imajinasi dengan pemikiran dan nilai-nilai Gus Dur. Gus Dur dengan segala sisinya bisa dihadirkan lebih dekat kedalam pikiran, perasaan dan tindakan yang menubuh di setiap pribadi peserta. 

    Menurut dosen psikologi ini, bukanlah sosok Gus Dur yang dipuja-puja tetapi nilai-nilai itu dapat disambungkan dengan laku hidup di pikiran, afeksi dan perilaku yang dikenali sebagai dasar gerakan berkelanjutan. (edenk)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Monggo Komentar Disini

    Item Reviewed: Kreasi Kelas Pemikiran Gus Dur Malang Rating: 5 Reviewed By: GUSDURian Malang
    Scroll to Top