728x90 AdSayapIklanGaruda

pasang
  • Garuda kita

    Selasa, 17 November 2015

    BEDA dan SETARA

    Dalam Momentum peringatan Hari Toleransi Internasional 2015 Jaringan Gusdurian Nasional akan menggelar gerakan Bedah Film. Dengan membuka ruang diskusi publik maupun dialog yang akan melibatkan secara aktif berbagai kalangan lintas iman.

    Judul dan tema film telah dipersiapkan langsung melalui Sekretariat Nasional Jaringan Gusdurian yang akan diagendakan serentak oleh 50 komunitas Pecinta Gus Dur di berbagai daerah mulai tanggal 16-21 November dalam format kegiatan yang beragam.

    Seperti  film Cahaya Dari Timur: (Beta Maluku), film besutan sutradara Angga Dwimas Sasongko ini yang akan di putar oleh Gusdurian Malang, pada tanggal 18 November 2015 nanti bertempat di Kedai Komika.

    Film Cahaya Dari Timur, yang di rilis pada tahun 2014 ini mengangkat kisah nyata seorang pelatih sepakbola yang menggunakan pendekatan sosial budaya untuk memutus mata rantai konflik agama pada generasi muda ambon. Pendekatan sosial budaya yang diambil adalah membentuk tim sepak bola yang terdiri dari berbagai agama.

    Melalui Dialog bedah film ini, sebagai upaya menyebarkan benih-benih semangat toleransi kepada masyarakat luas dalam kehidupan nyata, sehingga secara perlahan akan mampu mengurangi serta melawan aksi-aksi intoleran yang terjadi belakangan ini. Dengan cara seperti ini kedepan akan semakin mengokohkan Indonesia yang lebih damai dan toleran. 

    Sementara tema Hari Toleransi tahun ini, “Beda dan Setara” sebagai salah satu spirit inspirasi dari basis nilai pemikiran dari Sang Pujangga Gus Dur, bahwa: Setiap manusia memiliki martabat yang sama di hadapan Tuhan. Kesetaraan meniscayakan adanya perlakuan yang adil, hubungan yang sederajat, ketiadaan diskriminasi dan subordinasi, serta marjinalisasi dalam masyarakat. Nilai kesetaraan ini, sepanjang kehidupan Gus Dur, tampak jelas ketika melakukan pembelaan dan pemihakan terhadap kaum tertindas dan dilemahkan, termasuk di dalamnya adalah kelompok minoritas dan kaum marjinal. (ahs)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Monggo Komentar Disini

    Item Reviewed: BEDA dan SETARA Rating: 5 Reviewed By: GARUDA Malang
    Scroll to Top