728x90 AdSayapIklanGaruda

pasang
  • Garuda kita

    Selasa, 10 November 2015

    Gelar Pahlawan untuk Gus Dur

    Oleh: Ahsani Fatchur Rahman

    Kegembiraan dan ketakjuban saya atas ditetapkannya Gus Dur sebagai Pahlawan Nasional yang diajukan melalui usulan masyarakat kepada bupati atau walikota dan gubernur melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD). Kemudian diteruskan kepada Menteri Sosial dan diserahkan ke Presiden melalui Dewan Gelar.

    Gus Dur salah satu orang Indonesia yang mendapatkan gelar pahlawan dari Presiden Joko Widodo, kemarin pada Kamis 5 November 2015. (Kompas.com). Dan akan di peringatkan pada hari ini (10 November 2015) di Surabaya sekaligus peringatan Hari Pahlawan dan pengukuhan beberapa nama-nama pahlawan lain.

    Dahulu, Gus Dur selama hidup beliau sering mendapatkan kecaman, kritikan, cemoohan, hinaan, dan tidak sedikit yang menganggapnya kontroversial. Namun sering beliau menanggapi dengan sederhana, "nanti sejarah yang akan membuktikan", dan kini beliaulah yang diakui oleh sejarah atas jasa-jasa beliau dimasa lalu yang tidak pernah sedikitpun menjadi cita-cita beliau. Beliau rela dihina habis-habisan, asalkan tujuan nilai-nilai yang beliau tanamkan akan tumbuh dikemudian hari. Beliau tidak memperdulikan gelar, namun beliau bertindak dengan kasih sayang.

    Hingga hari ini, ada salah satu nama jalan di Jombang bernama "Jl. Gus Dur", ada warung kopi di Pasuruan bernama "warkop Gus Dur", ada pengajian keliling yang diasuh oleh K.H. Marzuki Mustamar bernama "Cangkru'an Gus Dur", ada peci khas di Jawa Timur yang bernama "Kopyah Gus Dur", ada juga ziarah wali 10 yaitu "Wali Gus Dur", dan lain sebagainya.

    Tanpa pengakuan Gelar Pahlawan hari ini pun, beliau tetap menjadi pahlawan meskipun tanpa gelar, beliau tetap dicintai meskipun tanpa kekuatan politik, beliau tetap dikenang meskipun sudah tiada, beliau akan selalu dikenang karena cinta sebagai manusia yang membawa nilai kemanusiaan, manusia yang membela manusia minoritas, manusia yang tidak gila kekuasaan namun berkuasa dimana-mana, dan satu lagi pelajaran terpenting bahwa nilai pahlawan itu bukan hanya saja penghargaan, namun pelajaran penting untuk kita sebagai pemuda hari ini agar menjadi pahlawan juga untuk manusia yang lain, pahlawan tanpa mengharap imbalan, dan nilai-nilai itu telah diajarkan oleh Gus Dur untuk kita teladani.

    Gus Dur, Panjenengan akan selalu menjadi pahlawan bagi kami, kami bangga Indonesia memilikimu, kami bangga, kami cinta, dan kami akan selalu mengenang Panjenengan. Selamat Hari Pahlawan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Monggo Komentar Disini

    Item Reviewed: Gelar Pahlawan untuk Gus Dur Rating: 5 Reviewed By: GARUDA Malang
    Scroll to Top