728x90 AdSayapIklanGaruda

pasang
  • Garuda kita

    Sabtu, 19 Maret 2016

    Jaringan Gusdurian Gelar Rakornas di Pesantren



    Jaringan Gusdurian Indonesia sebagai sebuah gerakan sosial baru yang di motori sebagian besar oleh anak-anak muda dengan terinspirasi nilai-nilai pemikiran dan perjuangan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), memasuki 5 tahun usianya yang semakin berkembang terus melakukan pembenahan secara “internal”

    Sabtu-minggu (19-20 maret 2016), Gusdurian menggelar Rapat Koordinasi Nasional bertempat di Pondok Pesantren Pandan Aran, Sleman Yogyakarta. Diikuti oleh sekitar 250 kader dan penggerak Gusdurian yang tersebar di berbagai daerah Indonesia.

    Gusdurian itu muncul di awal-awal tahun 2009 paska Gus Dur wafat melalui forum-forum diskusi secara informal, sebagaimana dituturkan Alissa Wahid selaku Koordinator Umum Jaringan Gusdurian Indonesia dalam pembukaan Rakornas ini. Dan 9 Nilai Utama Gus Dur  yang dirumuskan oleh para sahabat dan kerabat Gus Dur hari ini menjadi “sumbu” Gusdurian dalam melakukan berbagai gerakan di komunitas.

    Seperti keterlibatan secara langsung sekitar 50 komunitas Gusdurian dalam gerakan Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) 2015, dengan mengumpulkan hampir 2.500 aspirasi rakyat, hingga Gusdurian mendapat apresiasi dalam forum PBB. Sebut Alissa Wahid menambahkan

    KH. Jazilus Sakhok mewakili Pengasuh Pondok Pesantren Pandan Aran (tuan rumah) dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena bisa bersilaturrahim  dengan para murid-murid Gus Dur, dan menyambut dengan rasa suka cita agenda Rakornas ini. Di akhir sambutannya, Kiai Jazilus dengan sedikit rasa humor menyampaikan, “Jangan ditanya Ponpes ini Gusdurian apa tidak? Ya, kalau tidak Gusdurian, Rakornas ini tidak mungkin diadakan disini". Hingga disambut dengan penuh tawa dan tepuk tangan seluruh peserta yang hadir  

    Sementara, Pendeta Kristanto Budiprabowo salah satu presidium Jaringan Gusdurian Jawa Timur menegaskan bahwa, agenda Rakornas ini sebagai moment konsolidasi antar penggerak (aktivis) Gusdurian. Sekaligus kesempatan untuk saling berbagi tentang perspektif Gus Dur, dan semakin menegaskan kembali sembilai Nilai Utama Gus Dur itu sendiri”. (ahimsa)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Monggo Komentar Disini

    Item Reviewed: Jaringan Gusdurian Gelar Rakornas di Pesantren Rating: 5 Reviewed By: GARUDA Malang
    Scroll to Top